Dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur Wujudkan Keseriusan Layani pelanggan Dengan 3S
Persaingan industri otomotif semakin ketat. Bagaimana tidak? Saat ini setidaknya ada sekitar 48 produsen kendaraan bermotor di seluruh dunia yang bersaing memperebutkan pasar. Sementara yang meramaikan industri otomotif nasional sedikitnya ada sekitar 25 produsen tentunya dengan berbagai brand.
Dari sekian banyak produsen otomotif yang menjadikan Indonesia sebagai pasar sasarannya adalah Daihatsu. Produsen otomotif asal Jepang ini merupakan anak perusahaan dari holding company Toyota Motor Corporation. Sejarah panjang telah dilalui Daihatsu yang berdiri sejak tahun 1907 hingga kemudian diakuisisi oleh Toyota Motor Corporation pada tahun 1999. Dengan pengalamannya yang mumpuni selama kurang lebih satu abad, Daihatsu telah memproduksi sekurang-kurangnya 48 brand produk otomotif. Setiap brand tentunya memiliki pangsa pasar tersendiri, seperti Gran Max, Luxio, Ayla, Sirion, Xenia, Terios, Taft, dan Taruna.
Sebagai produsen otomotif internasional, Daihatsu memasarkan produknya secara global kecuali pasar Amerika Utara dan Australia. Meski telah berpengalaman, namun produsen otomotif asal Jepang ini juga mengalami kondisi naik turun dalam penjualan produknya. Bahkan pada tahun 2010, produsen otomotif yang digawangi oleh Kousuke Shiramizu ini harus menelan pil pahit karena mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis di pasar Eropa. Meskipun demikian, Daihatsu terus berinovasi dan tetap berkomitmen untuk melayani pelanggan setianya hingga saat ini.
Tak hanya Daihatsu, industri otomotif dunia juga sempat melemah akibat naiknya harga minyak dunia pada tahun 2008, sehingga mengubah perilaku konsumen dalam menggunakan kendaraan pribadinya. Meski cukup sulit, namun industri otomotif tidak hanya diam dalam keterpurukan. Utamanya Daihatsu, di mana pada tahun 2011 berani mengambil risiko berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik di wilayah Sunter di atas tanah seluas 70.000 m2 dan mulai beroperasi pada akhir tahun 2012. Bak gayung bersambut, investasi yang ditanam di Indonesia mulai membuahkan hasil. Didukung dengan kebijakan ‘Program Produksi’ yang dicanangkan Pemerintah Indonesia, industri otomotif nasional kembali menggeliat.
Kebijakan ‘Program Produksi’ mencakup dua kelompok. Pertama, program produksi kendaraan hemat energi dengan harga terjangkau. Sementara yang kedua adalah program produksi kendaraan ramah lingkungan dengan emisi karbon rendah. Menindaklanjuti program pemerintah tersebut, Daihatsu memproduksi Ayla sebagai mobil murah hemat energi yang dibanderol dengan harga di bawah 100 juta.
Untuk mengembangkan sayapnya di seantero nusantara, Daihatsu menempatkan authorized dealer atau dealer resminya di berbagai kota. Salah satunya adalah PT. Armada Auto Tara yang terletak di Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Inspeksi Saluran Kalimalang Kaveling Agraria Nomor 15 Duren Sawit Jakarta Timur. Dealer Daihatsu ini merupakan salah satu cabang dari PT. Armada Auto Tara yang berpusat di Jakarta Barat. Keberadaan dealer Daihatsu Auto Tara ini sebagai wujud dari strategi perusahaan dalam memperluas jangkauan pasar. Tidak hanya itu, hadirnya dealer Daihatsu Auto Tara di kawasan Jakarta Timur ini juga sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam upaya memberikan kemudahan dan layanan prima kepada pelanggan setianya.
Dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur hadir untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Di tengah persaingan industri otomotif yang semakin ketat, dealer sebagai perpanjangan tangan produsen untuk menjangkau konsumen dituntut aktif menerapkan strategi-strategi jitu agar mampu mengubah status calon konsumen menjadi konsumen dan selanjutnya menjadi pelanggan setia produk Daihatsu. Memang tidaklah mudah mengingat Daihatsu bukan satu-satunya pemain dalam industri otomotif di tanah air, masih ada puluhan produsen kendaraan bermotor lainnya yang juga bersaing memperebutkan pasar potensial.
Semua dealer baik yang menjual produk sama maupun berbeda tentunya memiliki strategi khusus untuk menjaring pelanggan. Tidaklah mengherankan apabila hampir di semua dealer menawarkan pelayanan yang berkualitas demi kepuasan pelanggan, karena memang itulah yang menjadi tujuan utamanya. Mengapa? Logikanya sederhana saja, pelanggan yang merasa puas sudah dapat dipastikan akan memiliki loyalitas yang tinggi baik terhadap produk maupun dealer yang menjualnya. Secara lebih lanjut, mereka akan melakukan pembelian berulang. Untungnya lagi, mereka akan menjadi media promosi yang efektif karena mampu melakukan strategi word of mouth atau dari mulut ke mulut dengan sendirinya. Dengan demikian, akan dapat menarik semakin banyak pelanggan. Nah, itulah strategi yang menjadi fokus utama dari dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur.
Perlu diketahui bahwa dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur merupakan salah satu dealer resmi yang berstatus sebagai outlet terpadu, di mana tidak hanya melayani penjualan mobil saja, tetapi juga mencakup bengkel dan spare part. Sebagai outlet terpadu, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur memberikan fasilitas 3S yaitu Sales, Service, dan Spare part.
Pada fasilitas Sales, dealer ini memberikan layanan penjualan kendaraan baru dengan beragam alternatif program, seperti cash, paket kredit DP dengan angsuran dan rate bunga yang disesuaikan budget pelanggan. Untuk menunjang layanan ini, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur juga memberikan penawaran spesial dan souvenir menarik. Sementara dari sisi fasilitas sarana prasarana, dealer ini memiliki showroom yang luas dilengkapi dengan ruang tunggu service, tempat bermain anak, dan juga lahan parkir yang memadai sehingga mampu memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Lantas, bagaimana dengan kualitas layanannya? Tidak perlu diragukan lagi, karena dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur memiliki tim konsultan wiraniaga yang andal, jujur, ramah, cepat, dan responsif dalam melayani pelanggan.
Berkenaan dengan program pembelian secara kredit, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur bekerjasama dengan lembaga finance baik bank maupun non-bank. Beberapa di antaranya adalah Mandiri Tunas Finance, Oto Multiartha, U-Finance, Adira Finance, CIMB Niaga Finance, BII Finance, dan juga BCA Finance. Kerjasama dengan beberapa lembaga finance tersebut dapat memberikan alternatif bagi pelanggan dalam hal pembiayaan pembelian kendaraannya. Fasilitas pembiayaan ini dapat digunakan oleh semua pelanggan, baik perorangan maupun badan usaha. Dengan syarat mudah, bunga ringan, dan tenor antara 1 hingga 7 tahun semakin memanjakan pelanggan.
Tak hanya Sales, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur juga melayani Service sebagai strategi S yang kedua. Layanan service sebagai lanjutan dari after sales dilengkapi dengan 5 stall car lift dan sebuah stall car lift spooring and balancing. Pelanggan tidak perlu khawatir karena penanganan service dilakukan oleh tenaga-tenaga mekanik ahli, profesional, dan berkompeten sesuai dengan standar Daihatsu. Masih di layanan service, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur juga menyediakan Service Advisor (SA) yang siap sedia membantu para pelanggan dalam memberikan solusi atas keluhan-keluhan pada kendaraannya.
Demi semakin sempurnanya layanan yang diberikan kepada pelanggan, dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur juga menjual spare part atau suku cadang asli dan resmi Daihatsu. Dengan demikian, pelanggan yang ingin menggunakan layanan service di dealer ini tidak perlu khawatir jika dalam proses penanganan kendaraannya harus mengganti spare part. Penggunaan spare part asli Daihatsu tentunya menjadikan operasional mesin kendaraan lebih stabil sehingga nyaman untuk digunakan.
Dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur berusaha all out dalam melayani pelanggan. Untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses informasi berkenaan dengan produk-produk otomotif yang dijual, dealer ini tak hanya menyiapkan showroom saja tetapi juga memanfaatkan teknologi internet dengan menyediakan sebuah halaman web yang beralamat di www.dealerdaihatsu.net. Dengan demikian, pelanggan yang memiliki keterbatasan waktu karena kesibukannya bekerja bisa mengakses halaman web tersebut untuk memperoleh informasi produk Daihatsu yang dibutuhkan. Didukung dengan komitmen siap membantu dan menjadi konsultan produk Daihatsu selama 24 jam semakin menunjukkan bahwa keseriusan dealer Daihatsu Auto Tara Jakarta Timur dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
0 comments:
Post a Comment