Wednesday, September 13, 2017

4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil


4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil

4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil

Aki merupakan komponen yang sangat penting pada mobil, terutama pada bagian kelistrikan. Aki bekerja saat pertama kali mobil dinyalakan (Stater). Pertama kali mobil dinyalakan,aki berfungsi sebagai sumber awal tenaga listrik pada system kelistrikan mobil.
Mengetahui apakah aki mobil sudah atau tidak berfungsi dengan baik merupakan hal yang wajib anda ketahui. Berikut ini adalah cara mudah mengetahui apakah aki mobil Anda sudah harus diganti atau belum :
  1. Mobil Tidak Bisa di-Starter
Mobil anda sulit atau tidak bias di-starter, mungkin salah satu tanda terjadinya masalah pada aki mobil Anda. Cobalah cara lain dengan menyalakan dengan bantuan kabel jumper. Jika mobil masih tidak mau menyala, sudah dipastikan aki mobil Anda sudah rusak.
  1. Periksa System Kelitrikan Mobil
Perhatikan system kelistrikan mobil, misalkan lampu mobil, radio, indicator bahan bakar, speedometer, dan pendingin udara. Ketika kondisi aki sudah mulai melemah, semua fungsi kelistrikan pun akan bermasalah.

  1. Periksa System Pengisisan Listrik ( Alternator )
Aki yang sehat namun tidak didukung dengan system pengisian aki pada mobil itu sama saja bohong. Periksa system pengisisan aki dengan cara mendekatkan benda besi mendekati poros puli pada Alternator (dynamo pengisian) saat mesin hidup. Jika benda besi tersebut tidak tertarik medam maghnet yang dihasilkan puli Alternator maka dapat disimpulkan bahwa system pengisian aki pada mobil Anda bermasalah atau mati (tidak mengisi aki). Pengisian aki yang baik adalah terdapat medan maghnet pada poros puli alternator.

  1. Bunyikan Klakson Mobil
 Cobalah untuk menyalakan klakson dalam kondisi mesin menyala. Jika suara klakson mobil terdengar pelan atau samasekali tidak terdengar suara apapun, itulah tanda aki mobil Anda sudah melemah.

  1. Korosi dan Usia Pemakaian Aki
 Korosi pada Aki bias membuat kinerja aki menurun dengan signifikan. Ada beberapa cara  untuk membersihkan korosi, Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus yang dirancang unruk membersihkan terminal aki mobil.
Ketahuilah umur usia aki Anda. Batas pemakaian berkisar antara 2 sampai 3 tahun. Masalah pada aki biasanya disebabkan oleh mobil yang jarang dinyalakan, karena dapat memperpendek usia pemakaian aki.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us



Adri Firmansyah

  • Pin bb : 2b9e1666
  • Phone
  • 0878 7656 7893 (Whatsapp)
  • 0853 1230 3232
  • 0888 0853 6585
  • YM : nadristo@yahoo.co.id


Rian

  • Phone (Call / WA): 0822.1399.2212
  • Email: apie.ian11@gmail.com

Dealer Daihatsu

close