Monday, September 11, 2017

SETIAP 61 DETIK, LAHIR SATU MOBIL


Daihatsu Indonesia mempunyai dua kompleks pabrik. Didukung robot dan teknologi tinggi.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memiliki dua komplek pabrik dengan lokasi yang berbeda. Pabrik pertama berlokasi di Karawang bernama Karawang Assembly Plant (KAP). Namun masih banyak yang belum mengenal lebih dalam tentang kehebatan pabrik Daihatsu, agar sahabat lebih paham yuk kita simak bersama.
Daihatsu pertamakali membangun pabrik pada tahun 1978, dengan mendirikan pabrik pengepresan pelat baja. Saat itu masih bernama PT Daihatsu Indonesia sebagai perusahaan patungan bersama dengan PT Astra International, Daihatsu Motor Co.,Ltd. Dan Nichimen. Di tahun 1983 dibangun PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) untuk melengkapi stamping plant yang sudah ada. Ini mrupakan pabrik mesin.
Empat tahun kemudiandi 1992 didirikan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dari hasil merger tiga perusahaan yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia, dan PT Nasional Astra Motor. Perjalanan pabrik Daihatsu kemudian ditandai juga dengan pembangunan casting plant (pabrik pengecoran) di Karawang Industrial City (KIIC) pada tahun 1996. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1998, Daihatsu memperlebar sayap dengan membeli pabrik yang berlokasi di PT Gaya Motor Sunter.
Ekspansi kembali dilakukan Daihatsu pada tahun 2011 dengan mendirikan Karawang Assembly Plant. Inilah basis pusat dan teknologi (R&D) di daerah Karawang. Sejak saat itu, Daihatsu memiliki 5 pabrik untuk melakukan aktivitas riset, pengepresan plat baja, pembuatan mesin, pengecoran, dan perakitan. Kemudian di tahun 2004 produk kolaborasi pertama PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor yang hingga kini melegenda dan menjadi favorit masyarakat yakni Xenia – Avanza secara  resmi diluncurkan.
Kedua kompleks pabrik Daihatsu, yang berlokasi di KAP dan SAP itu didukung dengan system perakitan slim, simple,dan compact (SSC). Teknologi ini sangat canggih lho sahabat ! sama seperti pabrik Daihatsu Kyushu di Jepang. Untuk membuat satu unit mobil yang utuh dan layak jalan, dibutuhkan waktu 69 detik.Pada tahun 2012, pabrik Daihatsu mencatat hasil yang sangat mengagumkan. Waktu produksi bias dipacu hingga 57 detik !
Dari seluruh pabrik Daihatsu, mampu menghasilkan 530.000 unit setiap tahun. Adapun yang diproduksi beraneka ragam model. Mulai dari Avanza, Xenia, Gran Max, Terios, Luxio sampai Agya. Menariknya dalam satu line proses produksi bias digunakan untuk merakit bermacam-macam model. Misalnya di Sunter Assembly Plant. Pada line 1 diproduksi Xenia – Avanza, Terios – Rush, dan Hi-Max. Sedangkan di Line 2 Xenai – Avanza, Grand Max, serta Luxio.
Robot yang ikut merakit bias melakukan pekerjaan atau menentukan komponen yang dibutuhkan untuk tiap-tiap model. Pintar, ya ?

Daihatsu Ciledug adm-770x470 Setiap 61 Detik, Lahir Satu Mobil

0 comments:

Post a Comment

Contact Us



Adri Firmansyah

  • Pin bb : 2b9e1666
  • Phone
  • 0878 7656 7893 (Whatsapp)
  • 0853 1230 3232
  • 0888 0853 6585
  • YM : nadristo@yahoo.co.id


Rian

  • Phone (Call / WA): 0822.1399.2212
  • Email: apie.ian11@gmail.com

Dealer Daihatsu

close